Situ Gunung

Wisata alam Situ Gunung terletak di kaki gunung Gede, dan merupakan kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Secara administratif pemerintahan masuk dalam wilayah Desa Kadudampit, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. 

Dari kota Sukabumi berjarak kurang lebih 15 Km kearah Barat/Bogor. Akses menuju kesana relatif mudah, dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum. Angkutan umum dari arah kota Sukabumi ke arah Bogor, turun di Masjid Agung Cisaat. Dari Jl. Raya Cisaat masuk ke kanan sejauh 10 Km. Retribusi masuk ke kawasan ini relatif murah.

Apabila anda membawa kendaraan pribadi, bisa parkir di pos 2 dan jalan kaki kurang lebih 200 m. Tersedia juga jasa ojeg. Namun anda akan merasakan sesuatu yang berbeda ketika berjalan kaki. Udara yang masih bersih, sejuk dan segar memenuhi rongga dada. Kicauan burung kedasih, kutilang, dan beberapa jenis burung yang lain saling bersahutan. Sesekali anda bisa becanda ‘main petak umpet’ dengan lutung yang berloncatan kian kemari diantara pepohonan. Lutung adalah jenis monyet yang seluruh permukaan tubuhnya berwarna hitam, dan pipinya mempunyai jumbai. Menurut informasi dari petugas jaga, biasanya lutung turun minum ke danau sekitar jam setengah tujuh pagi dan jam lima sore. Lutung lutung di kawasan ini sengaja dilestarikan dan dilindungi.

Dalam perjalanan turun akan mulai terlihat genangan air situ di balik pepohonan. Dalam bahasa sunda, situ berarti danau. Situ Gunung memiliki nuansa yang sangat eksotis. Pepohonan sekitar didominasi oleh pohon Damar (Agathis sp.). Dan nuansa eksotis ini dapat dinikmati pada pagi hari ketika sinar matahari menerobos pepohonan kurang lebih jam 05.30 – 06.30.

Namun sayang sekali ketika mengambil foto foto ini, kami agak kesiangan (jam 07.00), sehingga sinar matahari sudah penuh menyinari danau.

Danau Bening di Bawah Pepohonan Damar

Danau Bening di Bawah Pepohonan Damar

 Pemandangan di bawah ini kami ambil dari arah sudut kedatangan.

Mmmmmm....

Mmmmmm....

Air danau ini berasal dari sumber mata air yang terkenal sebagai Curug Cimanaracun. Tempatnya tidak jauh dari Situ Gunung. Selain Curug Cimanaracun terdapat pula Curug Sawer yang berjarak kurang lebih 2,5 Km.

Bagi anda yang datang dari jauh, tidak perlu kuatir karena di sekitar kawasan wisata ini telah banyak di bangun vila dan penginapan . Dapat juga anda berkemah. Terdapat juga gazebo di pinggir situ.

Anda tertarik?

20 Komentar »

  1. Wiwit said

    Wahh indah sekali ….. harus pagi atau sore ya biar bisa lihat lutung …

    • marcantia said

      Lutung ada setiap saat, karena ditempat ini lutung lutung memang sengaja dipelihara.

    • dwi cahyo said

      LUtuNg Cuma dtg jM 9 pg,sOaLnya embun yaNg ada di pucuk daUn mlai kerIng,kn mKnn LutuNg HmpIr 70% pUcuK daUn

  2. Agusz said

    Ooo rupanya di sini tempat yang banyak lutungnya? Wah mau mana nih kok ndak kelihatan lutung-lutungnya? Ada berapa banyak lutung di situ?

    • marcantia said

      Ada sekawanan, karena memang sengaja di pelihara dan dilestarikan. Jumlahnya?? Wah maaf tidak menghitung dan belum dapat info. Tunggu foto lutung di posting berikutnya.

    • dwi cahyo said

      Ad 5 KLOmpOk LUtung,Tp JuMlahnYa BeraGam di tiap KLOmpok….

  3. Kameo said

    Lutung? Asik pisan euy!!! Urang rek ka ditu … Ada gak neh poto2 lutung-na?

    • marcantia said

      Muhun…. Potona aya..diantosan heula sakedap nyak…..

  4. Iwan said

    wahhh saya juga ikut menunggu liputan tentang lutung nih … lutung kan emang imut lucu …

    • marcantia said

      Kalo liputan sudah habis. Tinggal foto lutung yang belum sempat di posting. trimakasih.

  5. Ubin said

    Menarik sekali! nb. Saya juga ikut menunggu liputan tentang lutung …

  6. ybandung said

    Wah .. bagus ya .. pengen banget ke sana bulik ..

    • marcantia said

      Iya Mas Dung, deket banget kok dari kota. Nti libur panjang buat planning saja nginep sini, trus hunting fotonya pagi… pasti keren.

  7. Agusz said

    Wah saya nunggu terus lho liputan dan foto2 lutung terbaru …

  8. riefki said

    curugnya di mana sih kok pas gw kesana ngak ketemu ya……….

    • marcantia said

      Dari gerbang masuk masih 2,5 Km. Berbeda arah dengan ke Situ nya.

    • marcantia said

      dari pintu masuk, jalan lurus kurang lebih 2 KM (Curug sawer)

  9. dwi cahyo said

    TLong DoNk kRimN Peta SitugUnung….
    PLease Y…..

  10. […] Situ Gunung – Sukabumi […]

  11. […] Situ Gunung – Sukabumi […]

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: