Rumah Makan Sunda ‘TIKTOK’

Sudah 11 hari ini kota Sukabumi sangat panas menyengat disiang hari dan sorenya diguyur hujan lebat. Cuaca yang panas – lembab membuat tenggorokan ingin sesuatu yang segar. Jam istirahat hari ini, kami mendatangi sebuah rumah makan yang mempunyai daya tarik di minumannya, saya menyebut ‘juice strawbery ala TikTok’. Juice strawbery disini memang menjadi favorit saya karena sangat kental, murni tanpa campuran susu dan tentunya dari buah strawbery segar. Dikota kecil ini rasanya belum ada yang bisa mengalahkannya.

Rumah makan Tiktok terletak di Jl. RA Kosasih No.232, Sukabumi. Letaknya yang strategis dan menu makanan minuman yang lengkap, membuat RM ini seakan tidak pernah sepi dari pengunjung.

Tiktok adalah unggas hasil persilangan dari itik dan entog. Daging tiktok lebih tebal, gurih dan tidak ‘penguk’ seperti daging bebek. Menu spesial yang menjadi andalan dirumah makan ini tentunya daging Tiktok yang dibakar/digoreng. Harganya sekitar Rp. 6.000/0ns, dengan minimal pembelian adalah setengah ekor. Untuk menu yang menjadi favorit pengunjung yaitu Nasi timbel komplit seharga Rp. 22.000, terdiri dari nasi timbel, ayam, tahu, tempe, ikan asin, lalapan, sambal dan sayur asem. Selain itu daftar menu yang lain ada gurami bakar/cobek/asam manis, aneka sop, udang, karedok, pencok kacang panjang, tumis kangkung/genjer. Namun setiap kami pesan tumis genjer selalu enteng dijawab kosong (sebenarnya ada nggak sih – red).

Menu makan siang kami kali ini adalah nasi timbel komplit plus segelas juice favorit. Namun kami ingin mencoba sesuatu yang berbeda, kami memesan juice MERDEKA yaitu perpaduan antara juice sirsak dan juice strawbery yang menghasilkan warna merah putih memisah. Mmmmm… sangat mantap sekali rasanya, dingin segar – asam….Maknyus…

10 Komentar »

  1. vivinoviandri said

    mantap juga tuh …..gimana caranya kerjasama ya…..

  2. R. Koko said

    Dengan Hormat

    Boleh dong ceritain tentang makanan khas Sukabumi yang lainnya,
    soalnya ada teman nanyain, barangkali bisa dikembangkan / dijual
    di Daerahnya. Bagaimana Ok Trims

    • marcantia said

      Terimakasih atas kunjungannya, memang ada liputan tentang makanankhas Sukabumi seperti moci (A. Yani, Lampion, Otista), Bolu Bu Onih, Ayam Goreng Cisaat, Nasi Uduk Hijau – Ungu Mamih dan beberapa rumah makan yang masih dalam proses ditulis.

  3. Accu Muda said

    Ini saya kasih link untuk Nasi Uduk Ungu dan Hijau
    http://culinary.vizata.net/jvw/sukabumi/mamih.htm

    • marcantia said

      Mamih dan wisata kuliner Sukabumi yang dialamat tersebut sebagian besar adalah hasil liputan dan foto foto saya yang ditulis oleh temen pemilik link tsb.

      • accu muda said

        Wah….hebat ya…saya juga tdk sengaja menemukan Link tersebut. ada cerita yang lebih menarik lagi tentang sukabumi?

        Bagaimana menurut anda mengenai rasa dari Nasi uduk tersebut? apakah ada rasa yang aneh dari warna2 tersebut?

      • marcantia said

        Terimakasih atas apresiasinya. Tunggu tulisan2 berikutnya.
        Tentang Sukabumi? Banyak hal menarik di kota kecil ini terutama untuk pesona alamnya yang meliputi gunung, rimba, laut, pantai. Keindahan Taman Nasional Gunung Salak-Halimun dan Taman Nasional Gn. Gede Pangrango dengan curug curugnya, Gua (Buni Ayu Cave), Pantai Pelabuhan Ratu, Pantai Ujung Genteng dengan konservasi penyu hijau nya, tantangan arus liar (arung jeram) di sungai citarik dll. Sebagian sudah di tulis di http://www.vizata.net. (Silakan kunjungi alamat tsb).
        Untuk nasi uduk Mamih yang berada di jl. Brawijaya. Saat ini tempat tersebut boleh dibilang sebagai ikon kuliner Sukabumi. Nasi uduk Ungu, warna ungu berasal dari ubi jalar ungu. Rasa nasi uduk ini manis. Sedang nasi uduk Hijau, warna hijau dari cabe hijau. Rasa nasi uduk ini pedas. Selain itu yang khas dan rekomendasi untuk dicoba adalah nasi tutug oncomnya dan tumis genjer…..

  4. Tohari said

    mantap sekali sambal terasi pedas cuaca sejuk saiiik banget

  5. Eka said

    Wah… ngga nyangka “Marcantia blog” ngebahas soal Rumah Makan Tiktok.
    Saya bangga sekali, membacanya.
    Berhubung saya pengelola rumah makan tersebut, saya mengucapkan banyak terima kasih banyak atas komen-komen-nya. Sangat bermanfaat sekali khususnya bagi saya untuk meningkatkan mutu dan kualitas makanan dan minuman yang kami hidangkan.
    Untuk dapat melihat lebih jelas mengenai Rumah Makan ini, kami juga bergabung didalam dunia maya ini di http://sukabumionline.com/tiktok.htm
    Disana anda dapat melihat berbagai hidangan yang kami tawarkan.
    Semoga Link ini dapat membantu temen2 sekalian yang ada di Sukabumi, ataupun yang mau berkunjung ke Sukabumi.

  6. iwan hermawan said

    gimana caranya saya ingin jadi suplier ayuran oerganik ke rumah makan ini..

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: