Curug Pareang

Terletak di barat daya Kota Sukabumi dengan jarak 30 Km, tepatnya di desa Sindang Resmi, Kecamatan Jampang Tengah, Kab. Sukabumi- Jabar. Dari kota Sukabumi ambil arah ke Jl. Pelabuhan 2. Pertigaan pasar pangleseran ke kiri arah Jampang. Akses menuju kesana relatif mudah, namun tempat ini belum banyak didatangi orang karena belum dikelola secara maksimal.

Sungai di Dinding Bukit

Sungai di Dinding Bukit

Dalam bahasa sunda, curug artinya air terjun. Curug Pareang sangat menawan dengan kenampakan sebagai sungai di dinding bukit.

Curug Pareang nan Menawan

Curug Pareang nan Menawan

Pada saat musim kemarau, debit airnya kecil sehingga bisa didaki. Lumayan tinggi mendaki lereng ini namun begitu sampai diatas, rasa capek akan hilang melihat keindahan alam dari puncak dan air terjun kebawah melewati sela sela kaki kita. Mmmmm…….. Akan tetapi mendaki lereng melewati sungai ini sangat tidak disarankan karena licin dan berbahaya. Apabila mau melihat keindahan alam dari puncak, anda bisa mendaki lewat samping sungai (sudah ada jalan setapaknya).

Kenampakan pemandangan dari Atas

Kenampakan pemandangan dari Atas

Konon, menurut cerita dari penduduk setempat, disekitar air terjun ini terdapat sumur minyak yang dibakar pada zaman penjajahan Belanda. Sumur ini sekarang menjadi sumber air yang jernih meskipun curug sedang dilanda badai (banjir). Namun sayang sekali ketika kami berkunjung kesana kami tidak melihatnya.

12 Komentar »

  1. putri said

    ku urang jampang tengah jga turut bangga di jmpang tengah da curug,tpi seharusnya lebih di rawat lgi lingkungnan’y supaya bersih dan asri..
    makasiehh…

  2. edward said

    ko cuma satu,air terjun yg tiga’y ko g d’masukin,WHY.?

  3. […] Curug Pareang – Sukabumi […]

  4. johan said

    mantap nih. perlu saya jelajah

  5. johan said

    berapa jam dari kota sukabumi

    • indra hindayana said

      -+ 1 1/2 jam

  6. johan said

    wisata beginian ..yg saya suka

  7. indra hindayana said

    mantap dan msh alami

  8. Hazar said

    beuuuhhhhhhhhhhhhhhhhh sadap……. indah bngetz tuh tempat:”x

  9. keren….punten nya sy copas, 🙂

  10. […] https://marcantia.wordpress.com/ […]

  11. ajat said

    abdi salaku urang jampang ngarasa bungah………… tapi ku kaayaan ayeuna mah, asa kurang prawatan… jadi pihak warga jeung pamarentah sok babareungan ngajaga curug pareang salaku tempat pariwiwata alam nua ya di jampangtengah sukabumi

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan komentar